Pelatihan

TUJUAN

Pemberdayaan Komunitas menjadi salah satu prioritas pembangunan karena dengan peningkatan kualitas masyarakat maka tujuan pembangunan akan lebih terarah dan mencapai sasarannya dengan efektif.

Alauddin Center for Community Development disingkat ACCED hadir untuk menjawab tantangan pemberdayaan komunitas dengan format pelatihan MODEL BARU KEMITRAAN : Universitas-Komunitas-Pemerintah yang lengkap untuk menjadi solusi bagi kebutuhan para pegiat komunitas, baik itu dari kalangan akademisi, lembaga swadaya masyarakat, pihak pemerintah atau institusi lain yang menjadikan masyarakat sebagai basis kegiatan sosial demi memajukan Indonesia secara menyeluruh.

KURIKULUM

Paket Pelatihan Model Baru Kemitraan : Universitas-Komunitas-Pemerintah disusun berdasarkan poin-poin pengembangan yang strategis bagi para pegiat komunitas yang terdiri dari :

  1. Asset Based Community Development (ABCD), salah satu tools Community Engagement yang berbasis pada optimalisasi potensi aset pada komunitas
  2. Service Learning (SL), Memadukan kegiatan pengabdian masyarakat secara komprehensif dengan pengajaran dan pendidikan pada Mata Kuliah tertentu.
  3. Community Based Research (CBR), Penelitian berbasis masyarakat, dimana masyarakat bukan hanya sebagai objek, tetapi sebagai mitra peneliti untuk menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.
  4. Gender, Memberikan pemahaman secara obyektif mengenai kesetaraan gender pada komunitas-komunitas tertentu dan masyarakat.
  5. Conflict Resolution (CR), Memberikan solusi-solusi untuk mengatasi berbagai konflik ditengah masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman terhadap lingkungan sekitarnya.
  6. Advocacy and Citizen Engagement (ACE)

SUMBER DAYA

Dengan keterampilan ilmu dan pengalaman bersama dengan komunitas selama ini, para trainer telah teruji kapabilitasnya untuk mendampingi para pegiat komunitas dalam program terkait.

Kompetensi TRAINER’s

  1. Advocacy and Citizen Engagement
  2. Asset Based Community Development
  3. Building Indigenious Knowledge
  4. Community Based Research
  5. Conflict Resolution
  6. Facilitation and Training for Community Change
  7. Good Governance and Social Accountability Tools
  8. Health Impact Assessment
  9. Learning Organization of Change
  10. Leadership by Woman
  11. Livelihood
  12. Service Learning
  13. Monitoring and Evaluation
  14. Partnership
  15. Peacebuilding

Leave A Comment